Benchmarking IATMI SM 2018

Benchmarking 2018 adalah kegiatan tahunan yang diaksanakan oleh IATMI SM dari seluruh Indonesia dengan bentuk kegiatan bersifat gathering / pertemuan dari seluruh seksi mahasiswa. Benchmarking dilakukan dengan tujuan membangun silaturahmi antar seksi mahasiswa dan menanamkan rasa kekeluargaan serta menambah rasa keakraban diantara anggota pengurus IATMI SM se-Indonesia demi hubungan internal antar IATMI SM yang harmonis. Kegiatan ini dilakukan pada 29-30 September 2018 di Villa Ziko, Lembang, Jawa Barat.

Kegiatan ini berfokus pada kegiatan yang bersifat kekeluargaan seperti sharing session, Forum Group Discussion (FGD), serta games interaktif. Benchmarking 2018 yang direncanakan dibuka oleh perwakilan IATMI pusat urung digelar karena suatu hal, lalu dilanjutkan denga kegiatan pemamaparan program kerja tiap seksi mahasiswa yang hadir dengan diawali games interaktif yang memupuk rasa kekeluargaan antar peserta Benchmarking 2018. Kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dilakukan dengan skema membagi setiap seksi mahasiswa per divisi masing-masing dan melakukan sharing terkait dengan semua hal yang berhungan dengan divisi tersebut.

 

IATMI SM STEM mempunyai 7 divisi, antara lain:

  1. Business and Development
  2. Education
  3. Event
  4. Human Resources
  5. Media and Creative
  6. Public Relation
  7. Research and Development

 

  • Divisi BD IATMI SM STEM digabungkan dengan bendahara dan sponsorship dikarenakan mempunyai fungsi yang hamper sama. IATMI SM yang bertukar ide pada kesempatan ini antara lain IATMI SM STEM, UI, ITB, Undip, Balongan, Poltek Akamigas Palembang, dan UP. Dari hasil FGD, didapatkan beberapa masukan dari IATMI SM lain untuk IATMI SM STEM. Salah satunya adalah adalah pembuatan souvenir seperti jaket, kaos, gantungan kunci, totebag, dan stiker.

 

  • Pada divisi Education, anggota yang berada dalam grup diskusi berasal dari Seksi Mahasiswa STEM Akamigas, ITB, UI, Akamigas Balongan, UNDIP, dan Universitas Pertamina. Masing-masing SM dalam grup diskusi ini memiliki fungsi yang sama, yaitu menyusun dan menyelenggarakan program edukasi baik dalam sosial media maupun dalam bentuk lecture.

 

  • Pada divisi Event, anggota yang berada dalam grup diskusi berasal dari Seksi Mahasiswa STEM Akamigas, Trisakti, STT Migas Balikpapan, UPN, ITB, UI, Undip. Tukar pendapat antara IATMI SM tersebut menghasilkan peran yang hampir sama antara divisi event pada IATMI SM yang satu dengan yang lainnya. Salah satunya menjadi event organizer pada acara-acara yang telah dipaparkan pada awal kepengurusan IATMI SM, IATMI anniversary, dan company visit.

 

  • Pada FGD divisi HR menghasilkan kesimpulan utuk penilaian masing-masing anggota IATMI. Baik dalam nilai kuantitatif maupun nilai kualitatif. Penilaian tersebut menggunakan sistem evaluasi yang diadakan tiap akhir bulan. Nilai kuantitatif yang dimaksud adalah poin yang dapat dihitung misalnya jumlah kehadiran dalam rapat dan ketepatan waktu. Sedangkan nilai kualitatif adalah nilai yang diberikan masing-masing kadiv kepada kinerja anggota-anggotanya dalam skala nilai 1-10. Selain penilaian, sistem reward dan punishment juga diberlakukan untuk meningkatkan semangat kerja para anggota IATMI.

 

  • Pada divisi MnC, ada beberapa hal baru yang didapat, antara lain denda keterlambatan divisi apabila ada divisi lain yang membutuhkan bantuan dari divisi MnC seperti pembuatan banner, poster, dll yang dibebankan pada divisi MnC diharapkan pengumpulan ide maksimal 7 hari sebelum program kerja dijalankan. Kemudian, pembuatan Buletin IATMI, Bullletin diterbitkan tiap bulan dengan berisi kegiatan program kerja yang sudah dijalankan oleh IATMI SM. Pembuatan bulletin bertujuan untuk mengkampanyekan kegiatan IATMI SM kepada khalayak yang mungkin belum mengetahui dengan baik program kerja yang dilaksanakan dan dapat dibawa pada kegiatan eksternal IATMI SM untuk tujuan promosi.

 

  • Pada resume FGD divisi PR, terdapat pembagian cakupan kerja PR yaitu internal dan external. Bila internal dapat bertanggungjawab atas kegiatan yang berhubungan dengan mahasiswa dan kampus sendiri. Sedangkan external dapat bertanggungjawab akan sponsorship, hubungan dengan IATMI Pusat, dan kampus-kampus lain.

 

  • Pada divisi RnD, anggota yang berada dalam grup diskusi berasal dari Seksi Mahasiswa STEM Akamigas, UPN dan Tanri Abeng. Masing-masing SM dalam grup diskusi ini memiliki fungsi yang sama, yaitu lebih berfokus pada pengembangan dan pelatihan softskill para anggota maupun non anggota yang berbasis kompetisi seperti diadakannya training software dan workshop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *