IATMI-SPE RESERVOIR COURSE TO HALLIBURTON

Senin, 5 November 2018 – Melalui  program kolaborasi IATMI SM STEM dan SPE STEM SC, 27 Mahasiswa PEM Akamigas diberi kesempatan untuk berkunjung ke kantor pusat Halliburton dalam rangka ekskursi, untuk belajar langsung di salah satu service company terbesar di Indonesia saat ini. Rombongan mahasiswa disambut dengan hangat oleh Ibu Radithe Handayanie selaku Human Resources Halliburton Indonesia. Seperti biasanya acara ini dimulai dengan safety induction yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh Country Manager, Bapak Andreas Seno.

Halliburton Indonesia memiliki 14 Product Service Line (PSL) yang ditawarkan kepada perusahaan minyak dan gas namun, dikarenakan keterbatasan waktu kami hanya dapat mempelajari 2 PSL pada kesempatan ini. Kegiatan kolaborasi IATMI SM STEM dan SPE STEM SC dibagi atas 2 sesi yakni well testing and subsea pada sesi pertama dan sesi kedua wireline and logging.

Sesi pertama dibawakan oleh Bapak Ryan Daniswara dan Bapak Lennon Sitompul yang berasal dari PSL well testing and subsea. Pada sesi ini kami mempelajari mengenai Drill Stem Test (DST) mulai dari bagian-bagian dan fungsinya hingga mekanisme well testing dengan DST. Tak hanya mempelajarinya kami juga diajak langsung mengunjungi Warehouse Halliburton untuk melihat langsung rangkaian DST, dan pressure test pada ball valve DST serta mengenali peralatan untuk pengambilan data dari memory DST di laboratorium.

Sesi selanjutnya dipresentasikan oleh Bapak Banu Andhika dari PSL wireline and logging. Bapak Banu mengajarkan konsep, cara membaca, dan menganalisa hasil logging dengan baik. Setelah sesi presentasi di ruangan Marunda kami diberi kesempatan untuk berkunjung kembali berkunjung ke warehouse untuk melihat rangkaian sperry drilling dan proses perakitannya.

Ekskursi ditutup dengan pemberian momento dari PEM Akamigas kepada Halliburton dan sesi foto bersama. Dengan diadakan acara ini diharapkan dapat memperat hubungan kedua institusi dan membuka kesempatan untuk berkerjasama kembali di lain waktu. Diakhir kata kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Halliburton Indonesia atas kesempatan yang telah diberikan semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *